Strategic Communication Mission
BRORIVAI CENTER > Program Kerja > Strategic Communication Mission

Misi Komunikasi Strategis Brorivai Center

Adalah menyediakan payung konseptual yang memungkinkan organisasi mengintegrasikan upaya pengiriman pesan yang berbeda. Hal ini memungkinkan untuk membuat dan mendistribusikan bahan komunikasi stratejik. Walaupun berbeda dalam gaya dan tujuan, BRC memiliki koherensi batin. Konsistensi ini dapat dilakukan dalam beberapa kasus seperti dalam menghadapi krisis suatu organisasi/lembaga, kedaruratan bencana suatu wilayah atau negara. Upaya strategi komunikasi ini akan menumbuhkan ruang gema yang memperkuat pesan dan karakter organisasi. Paling tidak, itu untuk mencegah pesan kontradiktif dan seringkali membingungkan untuk berbagai kelompok di semua platform media.

Konsep Perencanaan Strategis Brorivai Center

Untuk memiliki objek dalam misi BRC StratCom, hal pertama yang harus dilakukan adalah memiliki rencana bagi urusan/bisnis ini untuk mengkomunikasikan bagaimana upaya ini dibentuk dan untuk melihat seberapa kuat intinya. Kita akan memastikan bahwa keselarasan dengan pemahaman organisasi dan keadaan negara tentang di mana sikap dan posisinya saat ini. Suatu pendekatan yang dapat digunakan untuk menentukan keadaan tujuan saat ini, adalah dengan melakukan analisis SWOT (Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman).

Saat menggunakan analisis SWOT, kekuatan dan kelemahannya harus realistis. Hal ini untuk membantu melakukan perbaikan atau penyesuaian yang sebelumnya yang dinilai tidak begitu baik. Analisis ini akan membantu mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bisnis atau suatu upaya dan akan membantu merencanakan dan membuat tujuan menjadi lebih solid karena menunjukkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi suatu organisasi/negara. Ini juga membantu memutuskan di mana kebijakan saat ini, dan di mana ia akan berada di masa depan. Perencanaan adalah proses penelitian dan analisis yang berkelanjutan, analisis tugas, pelaksanaan, dan penilaian. Keberhasilan dalam proses ini membutuhkan analisis yang aktif dan berkelanjutan, dan penilaian dimasukkan kembali ke dalam suatu perencanaan dan aksi.

Apa yang dilakukan Brorivai Center sebagai Komunikator Strategis?

Langkah awal yang dilakukan adalah menetapkan komunikasi strategis sebagai “penggunaan komunikasi yang disengaja dirancang untuk memenuhi misi lembaga BRC.

Langkah kedua mengidentifikasi konsep-konsep kunci, termasuk analisis audiens, penetapan tujuan, dan strategi pesan. Hal ini dilakukan dalam rangka mengelola krisis
dalam konteks manajemen dan mendukung kekuatan pengambilan keputusan.

Langkah ketiga menghimpun data dan informasi melalui berbagai jaringan strategis baik yang bersifat online, data link, maupun kondisi riil lapangan untuk memperkuat proses analisis dan menyajikannya dalam bentuk publikasi, tinjauan berita, informasi, buku yang dikemas dalam media, website maupun di ruang publik secara langsung maupun tidak langsung.

Langkah keempat membangun perangkat “Official Info” yang mampu mendiskriminasikan berita dan informasi yang valid dan diunggulkan (realiable).

Salah satu agenda dan program BRC saat ini adalah membantu mengkomunikasikan kebiajakan pemerintah dalam mengatasi wabah COVID-19, melakukan update data dan informasi COVID-19, menelusuri perubahan lingkungan starategis, menganalisa kecenderungan dan implikasi di masa depan serta menyajikannya di media website resmi Brorivai Center melalui program “BRClink Official Info: yang dilakukan secara online dan real-time melalui tekni “shared link generation”.