Budayakan Early Warning
BRORIVAI CENTER > News > News > Social Response Series > Budayakan Early Warning

Budayakan Early Warning

Pantaulah Potensi Bencana di Sekitar Anda!

1. Kenali situasi yang berpotensi bahaya.

Simak berita dan laporan cuaca daerah setempat agar Anda waspada terhadap potensi bencana di daerah tersebut. Anda juga bisa mengunduh aplikasi ponsel, seperti Natural Disaster Monitor atau Weather Underground, yang akan memberikan peringatan potensi bencana di dekat lokasi Anda.

2. Persiapkan anggota keluarga untuk menghadapi apa yang mungkin terjadi.

Jika keluarga Anda berisiko mengalami bencana alam, jelaskan apa yang terjadi. Tinjau rencana kesiagaan darurat Anda agar semua orang tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana. Pastikan Anda siap untuk berlindung di lokasi ataupun melakukan evakuasi bila perlu.

3. Lacak perkembangan bencana terdekat.

Dengarkan stasiun berita setempat secara rutin agar Anda waspada dengan perubahan cuaca atau kondisi yang dapat mengubah perkembangan bencana. Daftarlah untuk menerima peringatan atau berita terbaru dari pemerintah atau badan pemantau cuaca setempat agar Anda tahu apa yang sedang terjadi.

4. Lakukan evakuasi sebelum bencana terjadi, bila memungkinkan.

Jika bencana mendekati daerah Anda, lakukan evakuasi sebelum bencana tiba. Pemerintah atau pihak berwenang setempat mungkin akan memerintahkan evakuasi jika bencana alam akan melanda. Pastikan Anda mematuhi perintah mereka. Jika Anda tidak bisa melakukan evakuasi, berlindunglah di tempat sampai kondisi aman untuk meninggalkan daerah tersebut.

#BudayakanPeringatanDini
#BRORIVAICenter

Author: BRC

Leave a Reply