Laksda TNI A. Rivai Ras Temui Walikota Makassar Tentang Dukungan Pemkot untuk Sukseskan Pemilu 2024
BRORIVAI CENTER > News > News > Rilis Berita > Laksda TNI A. Rivai Ras Temui Walikota Makassar Tentang Dukungan Pemkot untuk Sukseskan Pemilu 2024

Laksda TNI A. Rivai Ras Temui Walikota Makassar Tentang Dukungan Pemkot untuk Sukseskan Pemilu 2024

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menerima kunjungan Tim Pemantauan Penyelenggaraan Pemilu 2024 dari Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) di Jl Amirullah, Kota Makassar, Selasa (13/2/2024).

Ia adalah Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman, Laksamana Muda (Laksda) TNI Dr. Abdul Rivai Ras, selaku Ketua Tim Pemantauan Penyelenggaraan Pemilu 2024 Sulsel.

Rivai Ras yang Akrab disapa Bro Rivai mengatakan, kunjungan ini dalam rangka pemantauan penyelenggaraan Pemilu, dimana Makassar adalah salah satu objek pemantauan.

“Ada beberapa kabupaten dan kota yang secara selektif kita jadikan objek pemantauan. Salah satunya Makassar, dan besok kita juga mau ke Parepare,” katanya.

“Intinya kita ingin mengawal penyelenggaraan Pemilu. Kami dari Kementerian Polhukam wajib memberikan dukungan penyelenggaraan Pemilu. Termasuk pemerintah daerah dan provinsi wajib menyukseskan Pemilu,” tambahnya.

Sementara, Danny Pomanto melaporkan kondisi terkini penyelenggaran Pemilu di Kota Makassar hingga saat ini masih kondusif. Dinamika yang berkembang di masyarakat masih batas normal.

“Alhamdulillah, saya melaporkan situasi Makassar hingga hari ini baik-baik saja. Sebentar malam baru TPS-nya dibenahi,” katanya.

Selain menjaga penyelenggaraan Pemilu di Kota Makassar berjalan aman, damai, dan tentram, ia juga bertekad untuk mewujudkan Pemilu damai dan berkualitas di Makassar.

Bahkan, ia secara khusus telah menginstruksikan seluruh RT/RW untuk melakukan aksi door to door mengajak masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), besok, (14/2/2024).

“Target saya bukan hanya Pemilu damai tapi juga Pemilu damai yang berkualitas ditandai dengan partisipasi pemilih yang lebih besar,” ujarnya.

“Saya sudah rapat dengan semua camat, untuk hari ini bertemu dengan semua RT/RW. Saya minta RT/RW door to door untuk mengajak orang ke TPS,” tambah Danny Pomanto
Final Check H-1 Pemilu: Laksda TNI Rivai Ras Dorong Forkopimda Sulsel Dukung Penuh Pihak Penyelenggara

Menjelang Pemilu dan pemungutan suara 14 Februari 2024 di Wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel), Tim Pemantau Pemilu Menko Polhukan yang dipimpin Laksma TNI Dr. Abdul Rivai Ras melaksanakam Rapat Koordinasi (Rakor) update terkini dengan pihak Forkopimda Sulsel (13/02).

Rakor ini difasilitasi oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si. yang didampingi Kajati dan menghadirkan perwakilan unsur TNI, Polri, BIN serta pihak KPU dan Bawaslu bertempat di Ruang Rapat Kantor Gubernur (13/02).

Esensi Rakor sesungguhnya memastikan upaya pemerintah mendukung Penyelenggara Pemilu dalam menjaga kualitas politik, memastikan jaminan keamanan dan penegakan hukum sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku serta dengan tetap menjunjung tinggi kode etik.

“Sebagai bagian dari pemerintah wajib memberikan dukungan kepada penyelenggara Pemilu (KPU/ Bawaslu) sesuai amanat UU. Karena itu, komitmen bahwa Forkopimda Sulsel beserta instansi terkait, penyelenggara Pemilu dan seluruh elemen masyarakat harus siap menyukseskan penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024 yang aman dan damai menjadi suatu keniscayaan”, ungkap Rivai yang juga sebagai Staf Ahli Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman.

Selain itu, Rakor dimaksud ditujukan dalam rangka final dan double check kesiapan secara langsung baik personel maupun materiil pengamanan yang disiapkan oleh Polri dan TNI.

Mengingat kompleksitas Pemilu kali ini diperlukan upaya mitigasi untuk menyiapkan berbagai skenario antisipatif terhadap kemungkinan kerawanan yang mungkin muncul, sehingga kerja penyelenggaraan Pemilu bisa optimal.

Melihat isu yang berkembang dan tantangan pelaksanaan pemilu saat ini bisa dibilang cukup kompleks karena sejumlah isu yang dapat mendeterminasi kualitas penyelenggaraan Pemilu 2024 yang notabene berada pada cakupan aspek yang jauh lebih luas”, tutupnya.

Author: BRC