Long Live in The Sea, We Are Always Jaya!
BRORIVAI CENTER > News > News > Social Response Series > BRC Official Info > Long Live in The Sea, We Are Always Jaya!

Long Live in The Sea, We Are Always Jaya!

Sejarah Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) dimulai pada 10 September 1945.

Setelah masa awal diproklamasikannya kemerdekaan negara Indonesia, administrasi pemerintah awal Indonesia mendirikan Badan Keamanan Rakyat Laut (BKR Laut). BKR Laut dipelopori oleh pelaut-pelaut veteran Indonesia yang pernah bertugas di jajaran Koninklijke Marine (Angkatan Laut Kerajaan Belanda) pada masa penjajahan Belanda dan Kaigun pada masa pendudukan Jepang.

Terbentuknya organisasi militer Indonesia yang dikenal sebagai Tentara Keamanan Rakyat (TKR) turut memacu keberadaan TKR Laut yang selanjutnya lebih dikenal sebagai Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI), dengan segala kekuatan dan kemampuan yang dimilikinya.

Sejumlah Pangkalan Angkatan Laut terbentuk, kapal-kapal peninggalan Jawatan Pelayaran Jepang diperdayakan, dan personel pengawaknya pun direkrut untuk memenuhi tuntutan tugas sebagai penjaga laut Republik yang baru terbentuk itu.

Kekuatan yang sederhana tidak menyurutkan ALRI untuk menggelar Operasi Lintas Laut dalam rangka menyebarluaskan berita proklamasi dan menyusun kekuatan bersenjata di berbagai tempat di Indonesia.

Untuk itu, mari kita terus membangun semangat, kemampuan dan kejayaan TNI AL dalam mengawal kedaulatan maritim dan demi tegaknya NKRI.

#DirgahayuTNIALKe74
#JalesvevaJayamahe
#BRORIVAICenter

Author: BRC